Minggu, 08 November 2015

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Makan Banyak Gula?

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Makan Banyak Gula?
Jakarta, CNN Indonesia -- Cokelat, permen, atau makanan lain yang berbahan dasar gula memiliki banyak penggemar. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan tersebut.

Apapun yang kita konsumsi pasti memiliki dampak, entah baik atau buruk. Semua tergantung bagaimana kita mengkonsumsinya, sesuai kebutuhan, kurang atau malah berlebihan.


Efek langsung dari mengkonsumsi gula yang berlebihan mungkin tidak terlihat dengan cepat, padahal, saat asupan glukosa meningkat, metabolisme tubuh bisa kacau. Berikut adalah hal-hal yang terjadi dalam tubuh selama 60 menit setelah mengonsumsi gula, seperti dilansir laman Independent.

0-15 Menit

Bercampurnya gula dan bakteri mulut membentuk senyawa yang bersifat asam yang akan menggangu enamel gigi. Jika sering terjadi, imbasnya, gigi bisa rusak dan berlubang.

15-30 Menit

Pada waktu ini, gula melewati lambung dan sampai ke usus kecil kemudian gula diserap oleh darah. Pankreas kemudian melepaskan insulin dalam jumlah banyak, yang mengonversi asupan gula menjadi energi. Kemudian sel-sel otot tubuh membawa kelebihan gula dalam darah yang dikirim ke hati dan disimpan sebagai lemak.

Di sisi lain, tubuh menginterpretasikan naiknya insulin dan jumlah gula dalam darah sebagai hasil dari stres, sehingga tubuh memproduksi hormon stres yakni kortisol dan epineprin. Imbasnya, kedua hormon ini membuat kerja jantung meningkat, yang juga ikut meningkatkan tekanan darah serta memicu produksi keringat.

30-45 Menit

Produksi insulin juga hormon stres yang berlebih kemudian menurun tajam bersamaan dengan gula yang habis diolah tubuh. Akibatnya, justru tubuh mengalami hipoglikemi atau keadaan dimana tubuh kekurangan gula.

Gejalanya ditandai dengan tubuh yang lemas, mengantuk atau bahkan sakit kepala. Dalam hal ini, tubuh mencoba mengatasinya dengan meningkatkan kembali kadar gula melalui cadangan lemak di hati. Di saat bersamaan, gula yang masuk ke lambung membuat bakteri jahat berkembang biak. Hal ini bisa membuat mulas dan perut kembung.

Lebih dari 45 Menit

Naik turunnya kadar gula menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun yang mengakibatkan hilangnya kemampuan tubuh menangani infeksi berbahaya. Jika hal ini terus-menerus berlangsung dan bahkan menjadi kebiasaan, risiko diabetes tipe dua pun sontak meningkat. (les/les)

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151021140919-262-86347/apa-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-makan-banyak-gula/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar