Kamis, 18 Februari 2016

10 Warna Urine dan Artinya Bagi Kondisi Kesehatan (part - 2)

Foto: Hasan Alhabshy

Jakarta - Siapa bilang gejala penyakit hanya bisa dikenali dari rasa nyeri saja? Warna urine juga bisa menjadi indikator kondisi kesehatan Anda saat ini lho. Oleh sebab itu, jangan buru-buru menyiram saat buang air kecil ya.

Seperti dirangkum detikHealth dari Mirror Online, Kamis (18/2/2016), berikut 10 warna urine dan artinya bagi kesehatan artikel bagian kedua:




6. Hijau

Menurut urinecolors.com, diare dapat menyebabkan warna urine menjadi kehijauan. Selain itu, nanah dari infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan urine berwarna hijau


7. Biru

Urine yang berwarna biru sebagian besar disebabkan oleh makanan atau obat yang Anda konsumsi sebelumnya. Salah satunya adalah konsumsi viagra, atau obat-obat lain yang menggunakan pewarna biru. Kondisi ini disebut-sebut bukan masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan dan lebih mungkin terjadi karena sesuatu yang Anda telan.


8. Jingga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, warna gelap pada urine berkaitan dengan dehidrasi alias kurang minum air putih. Lain halnya jika Anda merasa baru saja mengonsumsi makanan dengan warna serupa, biasanya warna urine seperti ini hanya berlangsung satu sampai dua hari saja.

Jika kondisi ini berlangsung selama lebih dari beberapa hari, sebaiknya segera cek ke dokter. Urine yang berwarna jingga juga bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada empedu Anda.



9. Pink atau merah

Urine dengan warna pink atau merah menandakan ada darah pada cairan hasil eksres tubuh tersebut. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengidap infeksi saluran kemih atau batu kemih.

Selain urine yang berubah warna menjadi pink atau merah, biasanya infeksi saluran kemih juga ditandai dengan rasa nyeri saat buang air kecil. Jika gejala ini juga Anda rasakan, cek ke dokter.


10. Hitam

Jika Anda mengonsumsi porsi besar makanan dengan warna hitam atau obat-obatan yang mungkin menggunakan pewarna hitam, urine berwarna hitam mungkin adalah salah satu efeknya.

Tapi jika Anda merasa tidak melakukannya dan tubuh juga terasa tak bugar, maka mungkin ini waktunya Anda untuk segera cek ke dokter karena urine berwarna hitam adalah salah satu tanda peringatan kesehatan yang serius

http://health.detik.com/read/2016/02/18/093907/3145009/766/6/10-warna-urine-dan-artinya-bagi-kondisi-kesehatan--2-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar