Kamis, 18 Februari 2016

Warna Urine dan Artinya Bagi Kondisi Kesehatan (part - 1)

10 Warna Urine dan Artinya Bagi Kondisi Kesehatan (1) 6

Setelah buang air kecil, jangan langsung terburu-buru menyiram urine Anda. Perhatikan warnanya, hal tersebut bisa menjadi pertanda kondisi tubuh Anda saat ini lho.

Ya, perubahan warna urine memang normal. Beberapa dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan, tapi kadang-kadang perubahan ini juga menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah pada kesehatan Anda.

Seperti dirangkum detikHealth dari Mirror Online, Kamis (18/2/2016), berikut artikel bagian pertama tentang 10 warna urine dan artinya bagi kesehatan:




1. Berwarna jernih

Jika urine berwarna bening dan jernih, maka ini pertanda bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat. Umumnya, semakin jernih warna urine maka semakin sehat tubuh Anda.

Namun, kondisi ini juga bisa menunjukkan bahwa Anda terlalu banyak minum atau bahkan bisa menjadi tanda diabetes. Jika Anda menunjukkan gejala diabetes lain seperti peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil, maka sebaiknya segera cek ke dokter.




2. Kuning pucat

Ini adalah warna urine yang dianggap ideal. Warna urine kuning pucat dan jernih adalah pertanda bahwa Anda terhidrasi dengan baik.

Teruskan kebiasaan minum air putih Anda, karena dengan warna urine seperti ini berarti hal tersebut sudah Anda jalani dengan tepat.




3. Kuning cerah

Warna urine sudah kuning tapi tampak lebih pekat dan cerah daripada biasanya? Bisa jadi karena Anda baru saja mengonsumsi vitamin B. Riboflavin (vitamin B2) secara alami 'berwarna' saat terkena sinar UV, sehingga warna urine pun menjadi lebih terang.




4. Kuning gelap

Jika warna urine Anda berwarna jauh lebih gelap daripada biasanya, maka ini tandanya bahwa Anda butuh minum air putih lebih banyak. Sebab jika tubuh tak terhidrasi dengan baik, maka sisa limbah yang akan dibuang melalui urine juga tidak bisa diencerkan dengan baik. Hasilnya, warna urine menjadi kuning gelap.




5. Cokelat

Urine berwarna cokelat terang atau gelap menandakan adanya darah dalam urine. Selain itu, kondisi ini juga bisa menandakan adanya potensi gangguan pada hati atau ginjal. Misalnya infeksi saluran kemih dan sirosis.

Jika Anda sering berolahraga, maka warna urine yang kecokelatan ini juga bisa menandakan bahwa Anda sudah latihan terlalu berat. Saat otot bekerja terlalu keras, ia melepaskan zat yang disebut sebagai myoglobin dan zat ini dapat mengubah urine menjadi berwarna cokelat


http://health.detik.com/read/2016/02/18/080554/3144954/766/6/10-warna-urine-dan-artinya-bagi-kondisi-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar