Kamis, 08 September 2016

Tiga Macam Orang



Menurut Sang Buddha ada 3 macam orang :

Buta Dua Mata :
Orang yang tidak tahu bagaimana mencari atau menambah kekayaan materi dan kekayaan moral kebajikan karena ia buta. Ia tidak mempunyai mata materi juga tidak mempunyai mata kearifan. Orang ini miskin di dunia dan surga. Miskin lahiriah dan spiritual.
Buta Satu Mata :
Orang yang hanya tahu bagaimana mengumpulkan kekayaan materi namun tidak tahu mengumpulkan kekayaan moral kebajikan, sebab ia buta satu mata. Ia hanya memiliki mata materi namun tidak mempunyai mata kearifan. Ia hanya kaya lahiriah namun melarat dalam spiritual. Kaya harta benda namun melarat dalam kebenaran. Kaya di dunia, miskin di surga.
Punya Dua Mata :
Orang ini tahu bagaimana mengumpulkan kekayaan materi dan kekayaan moral kebajikan sebab ia memiliki dua mata : mata materi dan mata kearifan. Orang ini kaya lahiriah dan spiritual. Kaya di dunia dan di surga. Kaya harta benda dan kaya dalam kebenaran. Ia kaya dalam segala hal.
Berapa matakah yang kita miliki?
Dan mata apa yang kita miliki?
Jika kita hanya bisa memilih satu mata, maka pilihlah mata kearifan. Walaupun miskin lahiriah namun kaya moral kebajikan. Miskin harta benda tapi kaya dalam kebenaran. Melarat dalam kefanaan tapi berlimpah dalam keabadian.

http://www.maitreya-mapanbumi.or.id/tiga-macam-orang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar