Senin, 28 September 2015

Studi: Rajin Makan Buah Bisa Turunkan Risiko Aneurisma Aorta






Jakarta, Selain kaya serat dan dapat membantu proses penurunan berat badan, rajin konsumsi buah-buahan juga bermanfat bagi kesehatan pembuluh darah.

Ya, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa banyak mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena aneurisma aorta abdominal yang diketahui cukup berbahaya.


Seperti dikutip dari Web MD pada Selasa (25/8/2015), aneurisma adalah tonjolan abnormal pada dinding pembuluh darah arteri. Normalnya, dinding arteri tebal dan berotot, yang memungkinkan mereka untuk menahan sejumlah besar tekanan. Namun kadang-kadang kondisi tertentu dapat mengakibatkan tekanan dalam arteri untuk mendorong keluar, sehingga menggelembung dan disebut sebagai aneurisma.

Aneurisma dapat terbentuk pada setiap pembuluh darah, tetapi paling sering terjadi adalah di pembuluh darah aorta. Padahal aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh, yang berfungsi untuk membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis data lebih dari 80 ribu responden berusia 46-84 tahun di Swedia. Setelah dibandingkan, ditemukan bahwa orang yang makan lebih dari dua porsi buah per hari (tidak termasuk jus) memiliki risiko 25 persen lebih rendah dari aneurisma. Demikian dituliskan dalam jurnal Circulation.

"Konsumsi tinggi buah-buahan dapat membantu mencegah timbulnya penyakit pembuluh darah. Penelitian kami menunjukkan salah satunya adalah aneurisma aorta," ungkap penulis utama studi ini, Dr Otto Stackelberg, PhD, dari Institute of Environmental Medicine at the Karolinska Institute di Stockholm.

Diyakini tingginya kadar antioksidan dalam buah dapat melindungi tubuh terhadap aneurisma aorta dengan cara mengurangi peradangan. Dikombinasikan dengan sayuran, Stackelberg menyatakan konsumsi buah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.


http://health.detik.com/read/2015/08/25/100523/3000420/763/studi-rajin-makan-buah-bisa-turunkan-risiko-aneurisma-aorta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar