Selasa, 29 September 2015

Mudah Pusing Setelah 3 Menit Berdiri? Awas, Bisa Jadi Sinyal Tanda Bahaya

Mudah Pusing Setelah 3 Menit Berdiri? Awas, Bisa Jadi Sinyal Tanda Bahaya

Jakarta, Pingsan atau kepala pusing bisa disebabkan karena menurunnya tekanan darah secara mendadak, dan hal ini bukanlah masalah yang serius. Bisa jadi hanya karena dehidrasi atau pengaruh obat. Tetapi, jika terjadi sering terjadi, setidaknya 3 menit setelah berdiri, bisa jadi hal tersebut adalah tanda masalah yang lebih serius.

Sebuah studi dilakukan di Harvard, melibatkan 165 orang dengan usia rata-rata 59 tahun. Mereka yang mengidap "delayed orthostatic hypotension", penyakit dengan tanda kepala pusing karena menurunnya tekanan darah, memiliki tingkat kematian yang tinggi dan risiko penyakit degeneratif otak akan meningkat secara signifikan.

Mereka dengan kondisi sering merasa pusing, memiliki risiko kematian sebesar 29 persen. Bandingkan dengan 9 persen pada mereka yang sehat. Kemudian tingkat penyakit degeneratif otak seperti Parkinson dan demensia juga tinggi, yaitu 31 persen. Hanya 8 persen dari orang sehat yang mengalami penyakit degeneratif otak.

Riset lalu menemukan bahwa 54 persen dari mereka yang menderita delayed orthostatic hyportension bisa jadi akan merasakan penyakit yang lebih serius, yang nantinya dapat meningkatkan risiko kematian dan penyakit degeneratif.

"Kami menemukan lebih dari setengah yang merasakan delayed orthostatic hypertension akan memiliki risiko peningkatan ke sakit yang lebih serius," ujar dokter Christopher Gibbons, dari Harvard Medical School.

Pengamatan terhadap rekam medis 165 orang dengan usia rata-rata 59 tahun dilakukan selama 10 tahun. Hasilnya, 48 orang didiagnosa sakit delayed orthostatic hypotension, 42 memiliki orthostatic hypotension (lebih serius dari dari delayed) dan sisanya, 75 otang, tidak mengidap keduanya.

Tingkat kematian dari mereka selama 10 tahun adalah 29 persen bagi penderita delayed, 64 persen dari orthostatic hypotension, dan hanya sembilan pesen untuk mereka yang tidak mengidap keduanya.

"Penelitian ini memungkinan untuk mengenali, mendiagnosa, dan memberi penanganan kepada siapapun yang mengalami kondisi itu, dan mungkin juga kondisi lain yang bisa menyebabkan kematian dini," jelas Dr. Gibbons seperti dikutip dari Telegraph pada Selasa (29/9/2015).

http://health.detik.com/read/2015/09/29/093127/3030434/763/mudah-pusing-setelah-3-menit-berdiri-awas-bisa-jadi-sinyal-tanda-bahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar