Selasa, 22 September 2015

Sering Merasa Ada Benda Asing Tersangkut di Telinga? Ini Penjelasan Dokter




Jakarta, Membersihkan telinga dengan cotton bud atau korek kuping sering dilakukan oleh orang-orang. Kegiatan mengorek kuping dilakukan karena banyak yang berpendapat bahwa rasanya enak dan nyaman.

Namun tak jarang terkadang seseorang mengorek terlalu keras karena merasa ada sesuatu benda asing seperti kotoran yang 'tersangkut'. Padahal hal ini berbahaya karena berisiko melukai saluran di dalam telinga.

dr Bagas Wicaksono, SpTHT-KL, mengatakan bahwa perasaan adanya benda asing yang tersangkut tersebut tak selalu karena kotoran telinga.

"Liang telinga sebetulnya tidak lurus. Di tengah-tengah saluran ini menyempit kadang-kadang untuk beberapa orang sangat sempit sehingga kalau kita masukkin cotton bud mau narik rasanya kok kaya ada sesuatu," kata dr Bagas ketika ditemui detikHealth di tempat praktiknya di RSIA Kemang, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Jumat (11/9/2015).

"Ini cuma tulang," lanjutnya.

Karena saluran yang sempit inilah mengapa dokter terkadang tak menganjurkan memakai cotton bud untuk membersihkan telinga. Pada orang dengan saluran yang sangat sempit tersebut kotoran rentan menjadi tersangkut di dalamnya.

"Bisa karena kotoran juga sebetulnya, kita ada alat untuk menyedot keluar. Kalau sampai telinga agak budek itu kayaknya karena kotor," tutup dr Bagas.

http://health.detik.com/read/2015/09/11/183554/3016773/763/sering-merasa-ada-benda-asing-tersangkut-di-telinga-ini-penjelasan-dokter?l771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar