Senin, 21 September 2015

Ajaib, kucing ini menyelamatkan majikannya dari kanker

Kisah Sue, Kankernya Diketahui karena Tingkah Kucing Peliharaan

Scunthorpe, Inggris, Sue McKenzie merasa ada yang aneh dengan kucingnya. Biasanya si kucing jantan yang diberinya nama Tom itu tak suka dekat-dekat dengannya. Namun belakangan ia menjadi penyayang.

Hal itu ditunjukkan Tom dengan berulang kali menepuk-nepuk bagian belakang leher Sue. "Tom bukanlah kucing yang menyenangkan. Ia membiarkan saya membelainya dan duduk di sebelah saya, tapi jarang menghampiri saya lalu meminta saya memeluknya," tutur Sue.

Sue mencium sesuatu yang tak beres, namun hal pertama yang terlintas di pikirannya adalah mungkin Tom sedang sakit. Oleh karena itu kucing berumur 24 tahun itu pun dibawa ke dokter hewan untuk diperiksakan.

Anehnya, sang dokter mengatakan bahwa Tom sehat-sehat saja. Kemudian Sue mengisahkan tentang perubahan perilaku yang diperlihatkan Tom. Kebiasaan Tom menepuk-nepuk leher Sue ini berlangsung hingga dua minggu lamanya.

"Tiap kali saya duduk, ia langsung naik dan menepuk-nepuk tubuh saya, dan selalu di bahu kanan saya," ungkapnya seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (18/9/2015).

Mendengar hal itu, sang dokter hanya menyelipkan pesan, bisa jadi Tom berbuat seperti itu karena ia ingin menyampaikan sesuatu kepada pemiliknya.

Saat itulah wanita yang tinggal di Scunthorpe, North Lincolnshire ini memutuskan untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan dirinya. Ia pun menemukan benjolan di leher belakangnya, persis di bagian yang sering ditepuk-tepuk Tom. Untuk memastikannya, Sue lantas pergi ke dokter.

Benar saja, menurut hasil tes, Sue didiagnosis dengan limfoma Hodgkin, salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limpa. Uniknya sang dokter malah mengatakan, "Kalau memang kucing Anda sudah melakukan itu sejak dua minggu yang lalu, lantas mengapa Anda tidak segera datang ke sini?"

Tak berapa lama kemudian, wanita berusia 64 tahun ini menjalani operasi untuk mengangkat benjolan tersebut, diikuti dengan enam sesi kemoterapi. Barulah setelah itu Sue dinyatakan terbebas dari limfoma.

Namun untuk dua tahun ke depan, Sue masih harus memperoleh beberapa kali suntikan untuk memastikan kankernya tak kembali. "Saya kira saya harus banyak-banyak berterimakasih kepada Tom, ia telah menyelamatkan nyawa saya," pungkasnya bangga.

http://health.detik.com/read/2015/09/18/093614/3022281/1202/kisah-sue-kankernya-diketahui-karena-tingkah-kucing-peliharaan
Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 18/09/2015 09:36 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar