Selasa, 22 September 2015

Tenggak Minuman Campur Nitrogen, Gadis Ini Harus Kehilangan Lambung

Tenggak Minuman Campur Nitrogen, Gadis Ini Harus Kehilangan Lambung

Jakarta, Sebuah bar di Inggris didenda lebih dari Rp 2 miliar setelah seorang pengunjungnya keracunan minuman campur nitrogen. Korban harus kehilangan lambung karena meledak.

Si pengunjung, Gaby Scanlon (20) saat itu tengah merayakan ulang tahun ke-18 di Oscar's Wine Bar and Bistro di Lancester pada Oktober 2012. Salah seorang staf menawarinya minuman gratis yang dinamakan Nitro-Jagermeister, sejenis cocktail mengandung nitrogen.

"Saya menghampiri pria itu dan bertanya apakah boleh diminum. Dia bilang boleh. Asap keluar dari hidung dan mulut saya. Langsung saya sadar ada yang tidak beres," kata Scanlon di pengadilan, dikutip dari Guardian, Selasa (22/9/2015).

Dugaan Scanlon tidak meleset, jaringan isi perutnya hancur oleh nitrogen. Dinding lambungnya berlubang sehingga ia harus menjalani operasi pengangkatan lambung, serta menambal esofagus atau kerongkongannya dengan potongan usus kecil.

Hingga 3 tahun sesudahnya, Scanlon masih merasakan sakit di perut dan harus sangat membatasi makanan. Pengacaranya menyebut Oscar's Bar tidak memberikan peringatan terkait risiko yang mungkin terjadi saat meminum nitrogen cair, bahkan disebutkan bahwa staf tersebut menyuruhnya minum selagi masihg berasap.

Nitrogen cair merupakan produk berbahaya yang tidak dianjurkan untuk diminum. Petugas kesehatan juga telah memberikan catatan saat memeriksa bar tersebut pada Mei 2012, namun sejak saat itu tidak terdengar lagi tindak lanjutnya.(up/up)

http://health.detik.com/read/2015/09/22/093535/3025132/763/tenggak-minuman-campur-nitrogen-gadis-ini-harus-kehilangan-lambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar